TIPS & TRIK BIJAK MENYIKAPI MASA PUBER ANAK

Ditulis oleh: -
http://pucangsewuku.blogspot.com/2015/04/tips-trik-bijak-menyikapi-masa-puber.html

TIPS & TRIK BIJAK MENYIKAPI MASA PUBER ANAK 

http://pucangsewuku.blogspot.com
Add caption
Masa puber adalah masa peralihan dari masa anak-anak menjadi masa dewasa. Wanita umumnya lebih cepat mengalami masa puber. Mulai usia 11 tahun sudah mulai terlihat tanda-tanda pubernya. Sedang anak laki-laki biasanya setahun lebih lambat, antara usia 12-13 tahun. Tapi sekarang masa puber anak cenderung lebih cepat. Mungkin karena kualitas gizi makin baik. Bisa pula karena faktor lingkungan, khususnya tontonan yang memancing anak cepat dewasa. Jadi patokannya bukan hanya usia, tapi juga dari tanda-tandanya.
TIPS & TRIK BIJAK MENYIKAPI MASA PUBER ANAKTanda-tanda puber pada anak perempuan bisa dilihat dari perilakunya yang mulai centil dan senang dandan. Sedang pada anak laki-laki, biasanya mulai berpikir ingin tampil seperti ayahnya. Anak perempuan mengalami menstruasi dan anak laki-laki mimpi basah. Mulai muncul rasa tertarik pada lawan jenis. Terjadi pula perubahan fisik yang lebih cepat dari masa sebelumnya.

Sebenarnya mereka sendiri masih bingung dengan perubahan-perubahan tersebut. Karena itu, bagi anak yang sudah mulai memasuki masa puber, sering berperilaku yang tidak seperti biasanya. Bagi anak perempuan, sering berjalan agak membungkuk. Anak laki-laki sering merasa tidak nyaman, hingga ke mana-mana sering memasukkan tangan ke saku. dia tampak seperti tidak mau melihat ke sekeliling.
Peran Orangtua
Sangat penting bagi orangtua untuk membekali anak-anak saat memasuki masa puber ini. Berikan pemahaman pada anak bahwa setiap orang akan mengalami hal itu, dan itu normal. Berikan pula pemahaman bahwa orang yang sudah haid atau mimpi basah sudah wajib shalat, dan seluruh amalan sudah ditanggung sendiri. Kalau anak berbuat salah, maka orangtua berkewajiban untuk mengawasi setiap saat. Bagi anak laki-laki, sebaiknya diberitahu oleh bapaknya. Tapi bila bapaknya tidak sempat, maka boleh diberitahukan oleh ibunya.
Perilaku remaja yang sering membuat gerah orangtua adalah pergaulan dengan lawan jenis. Anak jadi sering pulang malam, atau berlama-lama bicara di telepon dengan temannya. Kebanyakan remaja tidak merasa bermasalah dengan perilaku yang menurut kita kurang baik.
Bagaimana menyikapi perilaku anak di usia puber secara bijaksana?
 Pertama, orangtua harus terbuka pada anak dengan mengajak mereka berdiskusi. Dengan demikian, anak pun diharapkan bisa terbuka dengan orangtua, karena dia memiliki kepercayaan pada orangtuanya.
Kedua, orangtua harus tetap mengawasi dari jauh. Anak yang sudah masuk masa puber, seharusnya sudah bisa mandiri. Shalat tidak harus disuruh lagi. Untuk tahap awal, orangtua harus terus mengingatkan dan memberi contoh.
Ada kalanya seorang anak merasa canggung dan tidak biasa curhat pada orangtua. dia lebih memilih orang lain sebagai tempat curhatnya, mungkin kakak atau keluarga yang lain, teman dsb. Kadang anak mendapat informasi yang salah dari mereka, hingga menjerumuskan anak pada perbuatan yang membahayakan dirinya.

Setidaknya ada dua cara agar anak tidak mendapat informasi yang salah dan tidak terjerumus dalam pergulan bebas.
 Pertama, orangtua harus paham bahwa anak pada masa puber memiliki kebutuhan berbeda dibanding masa sebelumnya. Masa remaja adalah masa paling berat sehingga mereka sangat butuh pendampingan.
 Kedua, jalin komunikasi yang baik dengan anak. Seperti ketika pulang sekolah dan saat makan malam, tanyakan kabar hari ini, di sekolah bertemu dengan siapa saja, dsb.
Bagi orangtua yang memiliki putra-putri yang menginjak masa remaja, jangan kecil hati dan jangan takut. Yakinlah, tidak ada kekecewaan dan kekhawatiran kalau kita terus belajar dari orang yang berilmu dan menitipkan kepada Allah Swt. Panjatkan doa, “Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrata a’yun wa ja’alnaa lilmuttaqiinaa imaama.” (QS Al-Furqaan [25]: 74).

Mudah-mudahan kita terus dituntun oleh Allah agar mampu mengantarkan anak-anak kita menjadi anak yang shalih dan shalihah. Amin.
Oleh Ninih Muthmainnah




0 komentar "TIPS & TRIK BIJAK MENYIKAPI MASA PUBER ANAK ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar